LKPD–
1
Menganalisis Peristiwa Seputar Proklamasi Kemerdekaan
1. Bentuk
kelompok sesuai pilihan kalian.
2. Tiap
kelompok 5 -6 orang.
3. Pelajari
dan diskusikan bersama anggota kelompok materi tentang Peristiwa Proklamasi
Kemerdekaan.
4. Buatlah laporan
ringkasan peristiwa seputar proklamasi kemerdekaan dalam berbagai bentuk
kreatifitas (Mapping, ringkasan cerita, gambar bercerita/ komik, peta konsep, infografis,
vlog dll) menggunakan berbagai media (kertas/manila, alat tulis warna dll).
5. Materi diskusi
masing-masing kelompok adalah sbb:
Kel 1 : Kronologis
peristiwa persiapan kemerdekaan
Kel 2 :
Kronologis peristiwa Rengasdengklok
Kel 3 :
Peristiwa perumusan teks Proklamasi
Kel 4 : Peristiwa
Pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan
Kel 5 : Reaksi rakyat terhadap proklamasi kemerdekaan
di berbagai daerah
6. Laporan Hasil
analisis dalam bentuk karya kreatifitas masing-masing kelompok di persentasikan
di depan kelas dan di tanggapi kelompok lain.
====================
LKPD - 2
Menelaah Terbentuknya NKRI
Tugas Individu
A.
Bacalah materi di
buku paket halaman 211 – 213
tentang
Pembentukan NKRI
B.
Buatlah infografis Terbentuknya NKRI. Unsur-unsur
infografis tersebut adalah sbb:
§ Memuat gambar tokoh/wilayah NKRI
§ Hasil Sidang PPKI I tanggal 18 Agustus 1945
§ Pembentukan 8 Provensi
§ Pembentukan Kementrian
§ Pembentukan KNIP
§ Pembentukan kekuatan pertahanan dan keamanan
LKPD - 3
PERJUANGAN FISIK
MEMPERTAHANKAN
KEMERDEKAAN INDONESIA
Ringkasan Materi.
Setelah memproklamasikan kemerdekaan 17 Agustus 1945, bangsa
Indonesia masih harus berjuang untuk mempertahan kemerdekaan. Belanda datang
lagi ke Indonesia dengan tujuan untuk menegakkan kekuasaannya.
Belanda datang ke Indonesia membonceng pasukan Sekutu yang
bernama AFNEI. Semula Afnei disambut baik oleh pemerintah Indonesia, karena
membawa misi perdamaian. Tetapi Afnei berpihak kepada Belanda, sehingga terjadi
konflik di daerah-daerah Indonesia.
Perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan dilakukan
secara fisik dan diplomasi. Perjuangan fisik antara lain Peristiwa hotel Yamato
di Surabaya, Surabaya 10 November 1945, Bandung Lautan Api, Medan Area, Puputan
Margarana, Pertempuran Ambarawa dll.
Tugas Individu:
1. Carilah
informasi dari berbagai sumber tentang perjuangan fisik yang dilakukan rakyat
dan pemerintah Indonesia untuk mempertahankan kemerdekan.
2.
Pilihlah
salah satu perjuangan fisik tersebut.
3. Buatlah
“Peta Konsep” atau “Infografis” tentang Kronologis Perjuangan Fisik bangsa
Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan.
4.
Kronologis
memuat unsur-unsur :
v Latar belakang / penyebab terjadinya peristiwa
v Tanggal peristiwa
v Tokoh-tokoh yang telibat
(Indonesia/Belanda/Sekutu)
v Puncak peristiwa/perang
v Akhir peristiwa
v Kesimpulan/ pesan moral dari peristiwa
v Pengabadian peristiwa
(peringatan/tugu/bangunan bersejarah/lagu-lagu perjuangan dll)
5.
Perwakilan
siswa mempresentasikan hasil peta
konsep/infografis, siswa lain memberi tanggapan.
6.
Melaukan refleksi
LKPD
– 4
Menganalisis Perjuangan Diplomasi
Dalam Mempertahankan Kemerdekaan
Melalui pengkajian dari berbagai sumber, diharapkan siswa mampu menganalisis keberhasilan
Perjuangan Diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan dan pengakuan dari dunia internasional
Langkah Kegiatan:
1.
Siapkan selembar kertas
2.
Bagi siswa menjadi 8 kelompok
3.
Tugas masing-masing kelompoK sbb:
Kel
1, 5 : Perundingan Linggarjati
Kel
2, 6 : Perundingan Renville
Kel
3, 7 : Perundingan Room Royen
Kel
4, 8 : Konverensi Meja Bundar
4.
Carilah informasi berbagai sumber,
buku, literatur, media masa, internet, untuk
menambah penguatan materi.
5.
Lakukan analisis untuk di tulis dalam
bentuk laporan sederhana.
- Latar belakang/sebab terjadinya Perundingan
- Pelaksanaan perundingan
- Delegasi yang hadir dalam perundingan
- Hasil perundingan (kesepakatan)
- Dampak hasil perundingan bagi Indonesia
6.
Hasil laporan di presentasikan di depan
kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan.
==========================
LKPD
– 5
Menganalisis Permasalahan Politik, Sosial,
Ekonomi, Budaya, dan Pendidikan pada
Awal Kemerdekaan
Kegiatan
Kelompok
Melalui pengkajian dari berbagai sumber,
diharapkan siswa mampu menganalisis permasalahan
politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan pada awal kemerdekaan serta
langkah kebijakan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.
Langkah
Kegiatan
1.
Siapkan selembar kertas.
2.
Bagi anggota kelompok untuk mencari berbagai sumber,
buku, literatur, media masa, internet, untuk
menambah penguatan materi tentang permasalahan politik,
ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan pada awal kemerdekaan.
3.
Lakukan analisis dan di tulis sebagai
laporan sederhana.
Kel 1, 2 : Perkembangan Politik
Ø Alasan
Belanda hanya mengakui kedaulatan RIS
Ø Bentuk
Negara, Konstitusi, Kepala Pemerintahan
Ø Tujuan
Belanda membentuk RIS
Ø 7 Negara
bagian RIS
Ø Alasan kembali
ke NKRI
Kel 3,4 : Kebijakan Pemerintah dalam mengatasi
gangguan keamanan pada awal kemerdekaan.
Ø Pemberontakan
PKI Madiun 1948 (latar belakang, pemimpin, tujuan, aksi, penumpasan/akhir pemberontakan)
Ø Pemberontakan
DI/TII di Jawa Barat, Aceh, Sulsel, Kalsel (latar belakang, pemimpin, tujuan,
aksi, penumpasan/akhir pemberontakan)
Kel 5,6 : Perkembangan ekonomi pada masa awal
Kemerdekaan
Ø Permasalahan
ekonomi
Ø Kebijakan
pemerintah dalam mengatasi masalah tersebut.
Kel 7, 8 : Kehidupan masyarakat Indonesia pada
masa awal Kemerdekaan
Ø Kehidupan
sosial
Ø Kebijakan
pemerintah dalam bidang pendidikan
Ø Kehidupan
kebudayaan masyarakat.
4.
Hasil laporan di presentasikan di depan
kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan.
============
LKPD
– 6
Menganalisis Kebijakan Politik dan Ekonomi, serta Kehidupan Sosial, Budaya,
dan Pendidikan Pada Masa Demokrasi Parlementer
Menganalisis Kebijakan Politik dan Ekonomi, serta Kehidupan Sosial, Budaya,
dan Pendidikan Pada Masa Demokrasi Parlementer
Kegiatan
Kelompok
Melalui pengkajian dari berbagai sumber,
diharapkan siswa mampu menganalisis kebijakan
politik dan ekonomi, serta kehidupan sosial, budaya, dan pendidikan pada masa
Demokrasi Parlementer.
Langkah
Kegiatan
1.
Siapkan slide persentasi.
2.
Bagi anggota kelompok untuk mencari
berbagai sumber, buku, literatur, media masa, internet, untuk
menambah penguatan materi tentang permasalahan politik, sosial, ekonomi, budaya, dan
pendidikan pada
masa Demokrasi Parlementer.
3.
Lakukan analisis dan buat persentasi
melalui canva/ptt.
Isi
slide harus memuat unsur-nunsur berikut:
1) : Perkembangan politik dalam pada
masa Demokrasi Parlementer.
Ø Sistem
Pemerintahan (Kepala Negara, Kepala Pemerintahan, Konstitusi, Kabinet )
Ø Sistem
Kepartaian
2) : Pelaksanaan Pemilu I Tahun 1955
Ø Tahapan
pelaksanaan, Tujuan tiap tahapan, dan partai pemenang Pemilu I Tahun 1955
Ø Jumlah
parpol peserta pemilu I Tahun 1955 (10 parpol peserta)
3) : Gangguan keamanan (Pemberontakan pada masa
Parlementer)
Ø Pemberontakan
APRA, RMS, Andi Azis, PRRI/Permesta (Tgl pemberontakan, tujuan, tokoh/pimpinan
pemberontak, keberhasilan penumpasan, pimpinan operasi militer)
4) :
Keberhasilan Politik Masa Parlementer
Ø Penyelenggaraan
Konferensi Asia Afrika (KAA)
Ø Deklasi
Djuanda
5):
Kebijakan Ekonomi Masa Parlementer
Ø Kondisi
perekonomian masa Parlementer
Ø Upaya
memperbaiki ekonomi dengan kebijakan (Gunting Syafrudin, Gerakan Benteng,
Nasionalisasi Perusahaan Asing, FINEK, Pencana PembangunanLima Tahun/RPLT)
6) : Kehidupan
masyarakat Indonesia pada Masa Parlementer
Ø Kehidupan
sosial
Ø Pendidikan
Ø Budaya
(kesenian)
4.
Hasil slide di presentasikan di depan
kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan.
=====================
LKPD – 7
INDONESIA PADA MASA DEMOKRASI TERPIMPIN
Kegiatan
Mandiri
Melalui pengkajian dari berbagai sumber,
diharapkan siswa mampu memahami kebijakan
politik dan ekonomi, serta kehidupan sosial, budaya, dan pendidikan pada masa
Demokrasi Terpimpin.
Langkah Kegiatan
1.
Siapkan aplikasi Canva/PPT
2.
Secara mandiri membuat infografis/media
persentasi Indonesia Masa Demokrasi Terpimpin.
3.
Mencari berbagai sumber, buku, literatur, media masa, internet, untuk
menambah penguatan materi tentang permasalahan politik, ekonomi, sosial budaya, dan
pendidikan pada
masa Demokrasi Terpimpin.
4.
Unsur-unsur peta konsep/infografis
memuat hal-hal berikut:
Ø Kebijakan
Dekrit Presiden
Ø Penyimpangan
Konstitusi pada masa Demokrasi Terpimpin.
Ø Gerakan
Non Blok
Ø Konfrontasi
dengan Malaysia
Ø Pembebasan
Irian Barat
Ø Peristiwa
Pemberontakan G30S PKI
Ø Kebijakan
ekonomi pada masa Demokrasi Terpimpin.
Ø Kebijakan
pemerintah dalam bidang pendidkan serta kehidupan sosial dan budaya masyarakat
pada masa Demokrasi Terpimpin.
======================
LKPD
– 8
Menganalisis Kebijakan Politik dan Ekonomi, serta Kehidupan Sosial, Budaya,
dan Pendidikan Pada Masa Orde Baru
Kegiatan
Kelompok
Melalui pengkajian dari berbagai sumber,
diharapkan siswa mampu menganalisis kebijakan politik dan ekonomi, serta kehidupan sosial, budaya,
dan pendidikan pada masa Orde Baru.
Langkah
Kegiatan
1.
Siapkan peralatan dan bahan membuat
kliping.
2.
Bagi anggota kelompok untuk mencari artikel
dan gambar tentang keadaan
politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan pada masa Orde
Baru
dari sumber,
majalah, literatur, media masa/koran, internet.
3.
Sistematika pembuatan kliping adalah
sbb:
§ Cover
§ Kata
Pengantar
§ Daftar
Isi
§ Bab I Pendahuluan
(latar belakang lahirnya Ode Baru)
§ Bab II
Isi memuat artikel tentang:
1)
Supersemar dan Pembubaran PKI beserta
ormasnya.
2)
Kebijakan Penyederhanaan Partai Politik
3)
Penyelenggaraan Pemilu Masa Orde Baru
4)
Pelaksanaan Peran Ganda (Dwi Fungsi
ABRI)
5)
Pelaksanaan Pelita (Pembangunan Lima
Tahun).
6)
Kebijakan pemerintah dalam bidang
pendidkan serta kehidupan sosial dan
budaya masyarakat pada masa Orde Baru
7)
Keberhasilan ekonomi masa Orde Baru
8)
Pengunduran Diri Presiden Suharto.
§ Bab III
Penutup (Kesimpimpulan & Saran)
4.
Setiap artikel harus mencantumkan sumber
artikel
5.
Alat dan bahan artikel disiapkan
masing-masing anggota kelompok
6.
Menggunakan kertas A4 dan dijilid rapi.
==================
LKPD
– 8
Menganalisis Kebijakan Politik dan Ekonomi, serta Kehidupan Sosial, Budaya,
dan Pendidikan Pada Masa Reformasi
Kegiatan
Kelompok
Melalui pengkajian dari berbagai sumber,
diharapkan siswa mampu menganalisis kebijakan
politik dan ekonomi, serta kehidupan sosial, budaya, dan pendidikan pada masa Reformasi.
Langkah
Kegiatan
1.
Siapkan selembar kertas.
2.
Bagi anggota kelompok untuk mencari
berbagai sumber, buku, literatur, media masa, internet, untuk
menambah penguatan materi tentang Keadaan politik, ekonomi, sosial,
budaya, dan pendidikan pada masa Reformasi.
3.
Lakukan analisis dan di tulis sebagai
laporan sederhana.
Kel 1 : Perkembangan politik dan ekonomi
pada masa pemerintahan Presiden BJ Habibie
Kel
2 : Perkembangan politik dan ekonomi pada masa pemerintahan Presiden KH. Abdurrahman Wakhid
Kel 3 : Perkembangan politik dan ekonomi
pada masa pemerintahan Presiden Megawati Sukarno Putri
Kel 4 : Perkembangan politik dan ekonomi
pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yuhdoyono I
Kel 5 : Perkembangan politik dan ekonomi
pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yuhdoyono II
Kel 6 : Perkembangan politik dan ekonomi
pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo I
Kel 7,8 : Perkembangan politik dan ekonomi
pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo II
4.
Hasil laporan di presentasikan di depan
kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan.
======================
Tidak ada komentar:
Posting Komentar