Senin, 11 Maret 2024

LKPD Indonesia Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi

 

LKPD– 1
Menganalisis Peristiwa Seputar Proklamasi Kemerdekaan

 Petunjuk:

1.    Bentuk kelompok sesuai pilihan kalian.

2.    Tiap kelompok 5 -6 orang.

3.    Pelajari dan diskusikan bersama anggota kelompok materi tentang Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan.

4.    Buatlah laporan ringkasan peristiwa seputar proklamasi kemerdekaan dalam berbagai bentuk kreatifitas (Mapping, ringkasan cerita, gambar bercerita/ komik, peta konsep, infografis, vlog dll) menggunakan berbagai media (kertas/manila, alat tulis warna dll).

5.    Materi diskusi masing-masing kelompok adalah sbb:

Kel 1 : Kronologis peristiwa persiapan kemerdekaan

Kel 2 : Kronologis peristiwa Rengasdengklok

Kel 3 : Peristiwa perumusan teks Proklamasi

Kel 4 : Peristiwa Pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan

Kel 5 : Reaksi rakyat terhadap proklamasi kemerdekaan di berbagai daerah

6.    Laporan Hasil analisis dalam bentuk karya kreatifitas masing-masing kelompok di persentasikan di depan kelas dan di tanggapi kelompok lain.


====================



LKPD - 2  

Menelaah Terbentuknya NKRI


Tugas Individu


A.   Bacalah materi di buku paket halaman 211 – 213 tentang  Pembentukan NKRI

B.   Buatlah infografis Terbentuknya NKRI. Unsur-unsur infografis tersebut adalah sbb:

§  Memuat gambar tokoh/wilayah NKRI

§  Hasil Sidang PPKI I tanggal 18 Agustus 1945

§  Pembentukan 8 Provensi

§  Pembentukan Kementrian

§  Pembentukan KNIP

§  Pembentukan kekuatan pertahanan dan keamanan

C.      Infografis dikerjakan secara manual/melalui aplikasi canva
D.     Perwaakilan siswa mempresentasikan hasil karya dan siswa lain menanggapi
E.      Refleksi hasil belajar

===========================


LKPD - 3
PERJUANGAN FISIK
MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA


Ringkasan Materi. 

            Setelah memproklamasikan kemerdekaan 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia masih harus berjuang untuk mempertahan kemerdekaan. Belanda datang lagi ke Indonesia dengan tujuan untuk menegakkan kekuasaannya.

          Belanda datang ke Indonesia membonceng pasukan Sekutu yang bernama AFNEI. Semula Afnei disambut baik oleh pemerintah Indonesia, karena membawa misi perdamaian. Tetapi Afnei berpihak kepada Belanda, sehingga terjadi konflik di daerah-daerah Indonesia.

          Perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan dilakukan secara fisik dan diplomasi. Perjuangan fisik antara lain Peristiwa hotel Yamato di Surabaya, Surabaya 10 November 1945, Bandung Lautan Api, Medan Area, Puputan Margarana, Pertempuran  Ambarawa dll.

 

Tugas Individu:

1. Carilah informasi dari berbagai sumber tentang perjuangan fisik yang dilakukan rakyat dan pemerintah Indonesia untuk mempertahankan kemerdekan.

2.    Pilihlah salah satu perjuangan fisik tersebut.

3. Buatlah “Peta Konsep” atau “Infografis” tentang Kronologis Perjuangan Fisik bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan.

4.    Kronologis memuat unsur-unsur :

v  Latar belakang / penyebab terjadinya peristiwa

v  Tanggal peristiwa

v  Tokoh-tokoh yang telibat (Indonesia/Belanda/Sekutu)

v  Puncak peristiwa/perang

v  Akhir peristiwa

v  Kesimpulan/ pesan moral dari peristiwa

v  Pengabadian peristiwa (peringatan/tugu/bangunan bersejarah/lagu-lagu perjuangan dll)

5.    Perwakilan siswa  mempresentasikan hasil peta konsep/infografis, siswa lain memberi tanggapan.

6.    Melaukan refleksi

 

======================


LKPD – 4
Menganalisis Perjuangan Diplomasi
Dalam Mempertahankan Kemerdekaan


 Kegiatan Kelompok

Melalui pengkajian dari berbagai sumber, diharapkan siswa              mampu menganalisis keberhasilan

Perjuangan Diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan dan pengakuan dari dunia internasional


Langkah Kegiatan:

1.     Siapkan selembar kertas

2.     Bagi siswa menjadi 8 kelompok

3.     Tugas masing-masing kelompoK sbb:

     Kel 1, 5 : Perundingan Linggarjati

     Kel 2, 6 : Perundingan Renville

     Kel 3, 7 : Perundingan Room Royen

     Kel 4, 8 : Konverensi Meja Bundar

4.     Carilah informasi berbagai sumber, buku, literatur, media masa,   internet, untuk menambah penguatan materi.

5.     Lakukan analisis untuk di tulis dalam bentuk laporan sederhana.

  •      Latar belakang/sebab terjadinya Perundingan
  •      Pelaksanaan perundingan

  •      Delegasi yang hadir dalam perundingan
                a.    Indonesia
                b.   Belanda
                c.    Mediator/penengah

  •       Hasil perundingan (kesepakatan)
  •       Dampak hasil perundingan bagi Indonesia

6.     Hasil laporan di presentasikan di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan.



==========================



LKPD – 5

Menganalisis Permasalahan Politik, Sosial,

Ekonomi, Budaya, dan Pendidikan pada

Awal Kemerdekaan

 

Kegiatan Kelompok

Melalui pengkajian dari berbagai sumber, diharapkan siswa         mampu menganalisis permasalahan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan pada awal kemerdekaan serta langkah kebijakan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

 

Langkah Kegiatan

1.     Siapkan selembar kertas.

2.     Bagi anggota kelompok untuk mencari berbagai sumber, buku, literatur, media masa,   internet, untuk menambah penguatan materi tentang permasalahan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan pada awal kemerdekaan.

3.     Lakukan analisis dan di tulis sebagai laporan sederhana.

Kel 1, 2 : Perkembangan Politik

Ø  Alasan Belanda hanya mengakui kedaulatan RIS

Ø  Bentuk Negara, Konstitusi, Kepala Pemerintahan

Ø  Tujuan Belanda membentuk RIS

Ø  7 Negara bagian RIS

Ø  Alasan kembali ke NKRI

Kel  3,4 : Kebijakan Pemerintah dalam mengatasi gangguan keamanan pada awal kemerdekaan.

Ø  Pemberontakan PKI Madiun 1948 (latar belakang, pemimpin, tujuan, aksi, penumpasan/akhir pemberontakan)

Ø  Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, Aceh, Sulsel, Kalsel (latar belakang, pemimpin, tujuan, aksi, penumpasan/akhir pemberontakan)

Kel  5,6 : Perkembangan ekonomi pada masa awal Kemerdekaan

Ø  Permasalahan ekonomi

Ø  Kebijakan pemerintah dalam mengatasi masalah tersebut.

Kel  7, 8 : Kehidupan masyarakat Indonesia pada masa awal Kemerdekaan

Ø  Kehidupan sosial

Ø  Kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan

Ø  Kehidupan kebudayaan masyarakat.

4.    Hasil laporan di presentasikan di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan.


============


LKPD – 6
Menganalisis Kebijakan Politik dan Ekonomi, serta Kehidupan Sosial, Budaya,
dan Pendidikan Pada Masa Demokrasi Parlementer
 

Kegiatan Kelompok

Melalui pengkajian dari berbagai sumber, diharapkan siswa         mampu menganalisis kebijakan politik dan ekonomi, serta kehidupan sosial, budaya, dan pendidikan pada masa Demokrasi Parlementer.

 

Langkah Kegiatan

1.     Siapkan slide persentasi.

2.     Bagi anggota kelompok untuk mencari berbagai sumber, buku, literatur, media masa,   internet, untuk menambah penguatan materi tentang permasalahan politik, sosial, ekonomi, budaya, dan pendidikan pada masa Demokrasi Parlementer.

3.     Lakukan analisis dan buat persentasi melalui canva/ptt.

Isi slide harus memuat unsur-nunsur berikut:

1) : Perkembangan politik dalam pada masa Demokrasi Parlementer.

Ø  Sistem Pemerintahan (Kepala Negara, Kepala Pemerintahan, Konstitusi, Kabinet )

Ø  Sistem Kepartaian

2) : Pelaksanaan Pemilu I Tahun 1955

Ø  Tahapan pelaksanaan, Tujuan tiap tahapan, dan partai pemenang Pemilu I Tahun 1955

Ø  Jumlah parpol peserta pemilu I Tahun 1955 (10 parpol peserta)

3) : Gangguan keamanan (Pemberontakan pada masa Parlementer)

Ø  Pemberontakan APRA, RMS, Andi Azis, PRRI/Permesta (Tgl pemberontakan, tujuan, tokoh/pimpinan pemberontak, keberhasilan penumpasan, pimpinan operasi militer)

4) : Keberhasilan Politik Masa Parlementer

Ø  Penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika (KAA)

Ø  Deklasi Djuanda

5): Kebijakan Ekonomi Masa Parlementer

Ø  Kondisi perekonomian masa Parlementer

Ø  Upaya memperbaiki ekonomi dengan kebijakan (Gunting Syafrudin, Gerakan Benteng, Nasionalisasi Perusahaan Asing, FINEK, Pencana PembangunanLima Tahun/RPLT)

6) : Kehidupan masyarakat Indonesia pada Masa Parlementer

Ø  Kehidupan sosial

Ø  Pendidikan

Ø  Budaya (kesenian)

4.    Hasil slide di presentasikan di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan.


=====================


LKPD – 7

INDONESIA PADA MASA DEMOKRASI TERPIMPIN

 

Kegiatan Mandiri

Melalui pengkajian dari berbagai sumber, diharapkan siswa         mampu memahami kebijakan politik dan ekonomi, serta kehidupan sosial, budaya, dan pendidikan pada masa Demokrasi Terpimpin.

 

Langkah Kegiatan

1.     Siapkan aplikasi Canva/PPT

2.     Secara mandiri membuat infografis/media persentasi Indonesia Masa Demokrasi Terpimpin.

3.     Mencari berbagai sumber, buku, literatur, media masa,   internet, untuk menambah penguatan materi tentang permasalahan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan pada masa Demokrasi Terpimpin.

4.     Unsur-unsur peta konsep/infografis memuat hal-hal berikut:

Ø  Kebijakan Dekrit Presiden

Ø  Penyimpangan Konstitusi pada masa Demokrasi Terpimpin.

Ø  Gerakan Non Blok

Ø  Konfrontasi dengan Malaysia

Ø  Pembebasan Irian Barat

Ø  Peristiwa Pemberontakan G30S PKI

Ø  Kebijakan ekonomi pada masa Demokrasi Terpimpin.

Ø  Kebijakan pemerintah dalam bidang pendidkan serta kehidupan sosial dan budaya masyarakat pada masa Demokrasi Terpimpin.




======================



LKPD – 8

Menganalisis Kebijakan Politik dan Ekonomi, serta Kehidupan Sosial, Budaya,

dan Pendidikan Pada Masa Orde Baru

 

Kegiatan Kelompok

Melalui pengkajian dari berbagai sumber, diharapkan siswa         mampu menganalisis kebijakan politik dan ekonomi, serta kehidupan sosial, budaya, dan pendidikan pada masa Orde Baru.

 

Langkah Kegiatan

1.     Siapkan peralatan dan bahan membuat kliping.

2.     Bagi anggota kelompok untuk mencari artikel dan gambar tentang keadaan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan pada masa Orde Baru

dari sumber, majalah, literatur, media masa/koran,   internet.

3.     Sistematika pembuatan kliping adalah sbb:

§  Cover

§  Kata Pengantar

§  Daftar Isi

§  Bab I Pendahuluan (latar belakang lahirnya Ode Baru)

§  Bab II Isi memuat artikel tentang:

1)     Supersemar dan Pembubaran PKI beserta ormasnya.

2)     Kebijakan Penyederhanaan Partai Politik

3)     Penyelenggaraan Pemilu Masa Orde Baru

4)     Pelaksanaan Peran Ganda (Dwi Fungsi ABRI)

5)     Pelaksanaan Pelita (Pembangunan Lima Tahun).

6)     Kebijakan pemerintah dalam bidang pendidkan serta  kehidupan sosial dan budaya masyarakat pada masa Orde Baru

7)         Keberhasilan ekonomi masa Orde Baru

8)     Pengunduran Diri Presiden Suharto.

§  Bab III Penutup (Kesimpimpulan & Saran)

4.    Setiap artikel harus mencantumkan sumber artikel

5.    Alat dan bahan artikel disiapkan masing-masing anggota kelompok

6.    Menggunakan kertas A4 dan dijilid rapi.


==================


LKPD – 8

Menganalisis Kebijakan Politik dan Ekonomi, serta Kehidupan Sosial, Budaya,

dan Pendidikan Pada Masa Reformasi

 

Kegiatan Kelompok

Melalui pengkajian dari berbagai sumber, diharapkan siswa         mampu menganalisis kebijakan politik dan ekonomi, serta kehidupan sosial, budaya, dan pendidikan pada masa Reformasi.

 

Langkah Kegiatan

1.     Siapkan selembar kertas.

2.     Bagi anggota kelompok untuk mencari berbagai sumber, buku, literatur, media masa,   internet, untuk menambah penguatan materi tentang Keadaan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan pada masa Reformasi.

3.     Lakukan analisis dan di tulis sebagai laporan sederhana.

Kel 1    : Perkembangan politik dan ekonomi pada masa pemerintahan Presiden BJ Habibie

Kel 2    : Perkembangan politik dan ekonomi pada masa pemerintahan Presiden KH. Abdurrahman Wakhid

Kel 3    : Perkembangan politik dan ekonomi pada masa pemerintahan Presiden Megawati Sukarno Putri

Kel 4    : Perkembangan politik dan ekonomi pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yuhdoyono I

Kel 5    : Perkembangan politik dan ekonomi pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yuhdoyono II

Kel 6    : Perkembangan politik dan ekonomi pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo I

Kel 7,8 : Perkembangan politik dan ekonomi pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo II

4.    Hasil laporan di presentasikan di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan.


======================

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal Sumatif IPS 9 Semester Genap

  PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN     : Ilmu Pengetahuan Sosial KELAS/SEMESTER    : IX / G enap WAKTU                      : 9 0 ...