Jumat, 20 Maret 2020

RPP Adiwiyata

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah               : SMP Negeri 6 Kota Mojokerto
Mata Pelajaran  : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester  : IX ( Sembilan ) / Ganjil
Materi Pokok     : Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi
Alokasi Waktu    : 2 x 40’

A.   Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifi kasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori kebangsaan.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
3.2 Menganalisis perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan.
3.2.6   Melakukan upaya menanggulangi dampak negatif globalisasi terhadap kerusakan lingkungan sekolah dengan melaksanakan prinsip 4R (reduce/ mengurangi, reuse/menggunakan kembaki, recycle/mendaur ulang, repair/memperbaiki)
2.
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan.
4.2.4.  Menyajikan laporan hasil diskusi upaya menanggulangi dampak negatif globalisasi terhadap kerusakan lingkungan sekolah dengan melaksanakan prinsip 4R ( reduce/mengurangi, reuse/ menggunakan kembaki, recycle/ mendaur ulang, repair/memperbaiki).


C.   Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi kelompok dengan model pembelajaran Problem Base Learning siswa dapat:
1.   Menguraikan dampak negatif globalisasi.
2.   Melakukan upaya menanggulangi dampak negatif globalisasi terhadap kerusakan lingkungan dengan melaksanakan prinsip 4R ( reduce/ mengurangi, reuse/menggunakan kembaki, recycle/mendaur ulang, repair/memperbaiki).  terhadap kerusakan lingkungan sekolah dengan melaksanakan prinsip 4R ( reduce/ mengurangi, reuse/ menggunakan kembaki, recycle/ mendaur ulang, repair/memperbaiki).

E.  Materi Pembelajaran
1.   Materi Reguler
1)   Dampak globalisasi.
2)   Upaya menanggulangi dampak globalisasi terhadap kerusakan lingkungan sekolah dengan melaksanakan prinsip 4R
2.   Materi Remidial: Upaya menanggulangi dampak negatif globalisasi.
3.   Materi Pengayaan: Upaya menanggulangi dampak negatif globalisasi terahadap kenakalan remaja.

F.  Motode dan Model Pembelajaran
1.   Metode                          :  Diskusi kelompok
2.   Model Pembelajaran     : Problem Based Learning (PBL)

G. Media dan Sumber Belajar
1) Media
b) LCD Proyektor dan Laptop serta tayangan slide Power point (ppt) yang telah disiapkan
      2) Sumber Belajar : Buku Siswa IPS kelas IX, Buku IPS lain yang relevan, internet, lingkungan                          sekitar,   dan sumber lain yang relevan.3. Menyajikan laporan hasil diskusi tentang                                    menanggulangi   dampak negatif globalisasi 
H. Langkah-langkah Pembelajaran
    
Kegiatan
Sintaks Model
PBL
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.   Mengucapkan salam, menanyakan kabar, mengecek kehadiran peserta didik,  serta mengajak peserta didik berdoa bersama-sama untuk pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan
2.   Memberi motivasi belajar bertanggung jawab dan peduli dengan lingkungan sekitar untuk melindungi bumi dari kerusakan.
3.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai peserta didik
4.   Menyampaikan cakupan materi
5.   Menginformasikan teknik penilaian yang digunakan selama proses pembelajaran
10 menit
Kegiatan Inti
Tahap – 1
Orientasi peserta didik pada masalah
1.  Guru menyampaikan masalah melaaui LK
2.   Kelompok mengamati tayangan Vidio Dampak globalisasi
3. memahami masalah yang disampaikan guru melalui LK tentang: menanggulangi dampak negatif globalisasi terhadap kerusakan lingkungan  sekolah dengan melaksanakan prinsip 4R
4.  Memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam pemecahan masalah yang dipilih.
10 menit
Tahap – 2
Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
1.  Guru memastiakan setiap anggota memahami tugas masing-masing.
2.  Peserta didik berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan yang di perlukan untuk menyelesaikan masalah.
10 menit
Tahap – 3
Membimbing peyelidikan
individual ataupun kelompok
1.   Guru memantau peserta didik dalam pengumpulan data.
2.   Peserta didik mencari data/referensi/sumber dengan cara membaca buku/brosing melalui internet yang di perlukan untuk bahan diskusi kelompok.
15 menit
Tahap – 4
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
1.  Guru memantau diskusi dan membimbing menulis laporan hasil diskusi untuk di presentasikan.
2.  Kelompok melakukan diskusi untuk menanggulangi dampak negatif globalisasi terhadap kerusakan lingkungan sekolah dengan prinsip 4R.
15 menit
Tahap – 5
Menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
1.  Guru membimbing presentasi dan mendorong kelompok lain untuk memberikan masukan dan memberikan penghargaan.
2.  Kegiatan dilanjutkan dengan menulis/ membuat kesimpulan sesuai dengan masukan yang di peroleh dari kelompok lain.
15 menit
Penutup

1.      Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2.      Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3.      Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok sebagai penugasan.
4.      Guru mengingatkan untuk membaca materi pada subtema Dampak Globalisasi.
5.      Guru mengajak peserta didik untuk mengucap hamdalah sebagai ungkapan rasa syukur  kepada Tuhan YME.
6.      Guru mengucap salam untuk mengakhiri pembelajaran.
5 menit

E.  Penilaian, Pembelajaran Remidial, Pengayaan
1.   Teknik Penilaian
Keterampilan :         Non Tes yaitu menggunakan observasi pada kegiatan diskusi dan Hasil Produk.
2.   Instrumen Penilaian
Keterampilan : Lembar Observasi Kinerja (Rubrik penilaian proses dan hasil produk).

3.   Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan dalam pemberian  tugas bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian dalam bentuk:
a. Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih yang memperoleh nilai kurang dari KKM
b.   Bimbingan kelompok dengan memanfaatkan tutor sebaya jika kurang dari 50% yang memperoleh nilai lebih dari KKM.
4.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan pendalaman materi dengan brosing internet tentang dampak global warming bagi masyarakat Indonesia secara berkelompok. Hasil di buat dalam bentuk laporan terketik rapi.

Catatan :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………............................


.


Mengetahui                                                                 Mojokerto, 2 Agustus 2019
Kepala Sekolah,                                                           Guru Mata Pelajaran,



PADMONOBO HARYO BUANA, S.Pd                          MAMIEK ZULFIAH, M.Pd
NIP. 19660409 200003 1 005                                     NIP. 19711009 200501 2 009




LAMPIRAN INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN

A.      Kisi-kisi
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Bentuk Penilaian
1
4.2. Menyajikan hasil analisis tentang perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan.

Upaya menanggulangi dampak negatif globalisasi terhadap kerusakan lingkungan sekolah.
4.2.4
Menyajikan laporan hasil diskusi upaya menanggulangi dampak negatif globalisasi terhadap kerusakan lingkungan sekolah dengan melaksanakan prinsip 4R.
Penilaian Kinerja dan Produk

B.      Lembar Observasi dan Rubrik Penilaian Kinerja
1.   Lembar observasi
Dilaksanakan pada saat proses diskusi dan hasil produk
2.   Kategori skor kompetensi keterampilan peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 53 Tahun 2016

LEMBAR OBSERVASI KINERJA (Proses Diskusi)
Mata pelajaran              :    IPS
Kelas/Semester              :    IX /Ganjil
Sub Pokok Bahasan        :    Dampak Globalisasi


No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Rerata
Nilai
Keterlibatan dalam proses diskusi
Tanggung Jawab
Kemampuan mengemukakan pendapat
Hasil Laporan
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.


















2.


















3


















4


















5




















Nilai  = ( Skor yang diperoleh :  Jumlah skor ) X 100



3. Rubrik Penilaian

No
Aspek Penilaian
Kriteria
Skor
1
Keterlibatan dalam proses diskusi
Aktif terlibat dalam proses diskusi.
4
Cukup aktif terlibat dalam proses diskusi.
3
Kurang aktif terlibat dalam proses diskusi.
2
Tidak ikut terlibat dalam proses diskusi.
1
2
Tanggung jawab
Serius, memahami semua tugas.
4
Serius, memahami sebagian tugas.
3
Serius, tapi tidak memahami tugas
2
Tidak serius
1
3
Kemampuan mengemukakan pendapat
Mampu memberikan 3 pendapat dengan tepat.
4
Mampu memberikan 2 pendapat dengan tepat
3
Mampu memberikan 1 pendapat dengan tepat
2
Tidak mampu memberikan pendapat satupun
1
4
Hasil Laporan
(Produk)
Menjawab semua masalah dengan tepat.
4
Menjawab sebagian besar masalah dengan tepat , dan sebagian kecil tidak tepat
3
Menjawab sebagian kecil masalah dan sebagian besar tidak tepat
2
Sama sekali tidak menjawab permasalahan yang di berikan.
1

Lembar Kerja Siswa
UPAYA MENANGGULANGI DAMPAK NEGATIF GLOBALISASI
TERHADAP KERUSAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH

Kelompok :
Anggota  : ……………………………     No: …..
                    ……………………………   No: …..
                    ……………………………    No: …..
                    ……………………………    No: …..

Indikator:
4.2.4.  Menyajikan laporan hasil diskusi untuk menanggulangi dampak negatif globalisasi  terhadap kerusakan lingkungan dengan melaksanakan prinsip 4R

Langkah Kerja
1)      Bentuk kelompok dalam kelas kalian menjadi 8 kelompok.
2)      Tiap kelompok terdiri atas 3-4 anak.
3)      Tema diskusi: “Upaya mencegah/mengurangi kerusakan lingkungan sekolah dengan prinsip 4R
(Reduce /mengurangi, Reuse/menggunakan kembali, Recycle/mendaur ulang, Repair/memperbaiki)”.
4)      Materi Diskusi : Pembagian masalah diskusi tiap kelompok dengan cara undian secara acak berdasarkan no 1 s/d 8. Masalah masing-masing nomor adalah sbb:
1 dan 5 : Upaya mencegah/mengurangi kerusakan lingkungan sekolah dengan prinsip (Reduce/mengurangi )
2 dan 6 : Upaya mencegah/mengurangi kerusakan lingkungan sekolah dengan prinsip (Reuse/menggunakan kembali)
3 dan 7 : Upaya mencegah/mengurangi kerusakan lingkungan sekolah dengan prinsip (Recycle/mendaur ulang)
4 dan 8 : Upaya mencegah/mengurangi kerusakan lingkungan sekolah dengan prinsip (Repair/memperbaiki)
5)      Langkah-langkah:
a.    Amati lingkungan sekolah kita.
b.   Catat/tulis 3 upaya yang dapat kita lakukan , perubahan yang terjadi.
c.    Diskusikan dampak perubahan iklim  terhadap kehidupan kita.
6)      Diskusikan, apakah perubahan untuk mengurangi/mencagahkerusakan lingkungan sekolah dengan salah satu prinsip 4R (sesuai dengan nomor masalah yang dipilih). Berilan alasan/penjelasan serta contoh (gambar/ tindakan) bahwa upaya/cara yang dilakukan merupakan tindakan/perilaku  untuk mencegah/mengurangi kerusakan lingkungan sekolah
7)      Tulis hasil diskusi sebagai laporkan hasil tugas kelompok.
8)      Presentasi di wakili beberapa kelompok, kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok yang melaporkan didepan kelas.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal Sumatif IPS 9 Semester Genap

  PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN     : Ilmu Pengetahuan Sosial KELAS/SEMESTER    : IX / G enap WAKTU                      : 9 0 ...