Rabu, 18 Maret 2020

Contoh RPP Ramah Anak

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                Satuan Pendidikan : SMP Negeri 6 Kota Mojokerto
                                         Kelas/Semester      : IX/Ganjil
                                         Mata Pelajaran       : IPS
                                         Materi                       : Upaya menghadapi Globalisasi Teknologi
                                         Alokasi Waktu         : 2 X menit
A.   Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi kelompok dengan model pembelajaran PBL peserta didik dapat:
1.  Menjelaskan upaya menghadapi globalisasi teknologi
2.  Menuliskan upaya memberantas kejahatan/kekerasan seksual terdapap anak melalui media sosial (medsos) jika mereka (siswa) sebagai orang tua, guru, tokoh agama, pemerintah, dan penegak hukum (Polisi).
B.    Kegiatan Pembelajaran
1.    Alat/bahan/Media: laptop, LCD proyektor, LK berupa Gambar dan berita/kasus kekerasan/kejahatan seksual terhadap anak melalui media social (medsos).
2.    Langkah-langkahPembelajaran

Langkah
Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Apersepsi
1.    Peserta didik dan guru mengucapkan salam dan berdoa.
2.    Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
3.    Guru memotivasi peserta didik untuk bijaksana dan berhati-hati dalam penggunakaan medsos.
4.    Sebagai pretes, guru memberikan pertanyaan tentang dampak globalisasi teknologi  untuk mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari.
5.    Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran.
10’
Inti
Orientasi peserta didik pada masalah.
Guru menyampaikan masalah melaaui LK
Kelompok mengamati gambar dan membaca serta memahami masalah yang disampaikan guru melalui LK tentang: kekerasan/kejahatan sexual terhadap anak melalui medsos yang dibagikan pada kelompk.
60’
Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
Guru memastiakan setiap anggota memahami tugas masing-masing.
Peserta didik berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan yang di perlukan untuk menyelesaikan masalah.
Membimbing penyelidikan individu/kelompok
Guru memantau peserta didik dalam pengumpulan data Peserta didik mencari data/referensi/sumber dengan cara membaca buku/brosing melalui internet yang di perlukan untuk bahan diskusi kelompok
Mengembangkan dan menyajiakan hasil karya
Guru memantau diskusi dan membimbing menulis hasil karya untuk di presentasikan
Kelompok melakukan diskusi untuk menhhasilkan solusi pemecahan masalah upaya memberantas kejahatan/ kekerasan seksual terdapap anak melalui media sosial (medsos) dalam tulisan untuk di presentasikan.
Penutup

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Guru membimbing presentasi dan mendorong kelompok lain untuk memberikan masukan dan penghargaan.
Setiap Kelompok melalukan presentasi dan kelompok lain menanggapi.
Kegiatan dilanjutkan dengan merangkum/membuat kesimpulan sesuai dengan masukan yang di peroleh dari kelompok lain.
10’

C.   Penilaian:
Pengetahuan: tes lisan untuk menguji pemahaman peserta didik
Ketrampilan: proses diskusi dan laporan hasil karya dalam bentuk tulisan.



Catatan hasil kegiatan /Umpan Balik
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………......................................................................................................................................................................................................................................


Mengetahui,                                                                       Mojokerto, … November 2019
Kepala SMP Negeri 6 Mojokerto                                       Guru Mapel IPS



PADMONOBO HARYO BUANA, S.Pd                                 MAMIEK ZULFIAH, M.Pd
NIP. 19660409 200003 1 005                                                NIP. 19711009 200501 2 009




Contoh Lembar Kerja Siswa

 Lembar Kerja Siswa
  KELOMPOK :
  Anggota : …………………………..           
                  ……………………………
                  ……………………………
                  ……………………………
                  ……………………………


Petunjuk:
1.     Bentuklah kelas menjadi 5 kelompok. Masing-masing beranggotan 5-6 orang
2.     Bacalah materi diskusi
3.     Diskusikan dengan kelompok bagaimana upaya/tindakan yang dilakukan untuk memberantas kejahatan seksual pada anak melalui medsos jika kalian sebagai:
Kel 1 : Orang tua (masyarakat)
Kel 2 : Guru
Kel 3 : Polisi (penegak Hukum)
Kel 4 : Tokoh agama
Kel 5 :Pejabat Pemerintahan
4.     Tulislah hasil diskusi kelompok pada lembar Kerja

Materi diskusi kelompok

Polisi Bongkar Kejahatan Seksual Anak lewat Medsos,
Pelaku Beraksi dari Penjara

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 13:26 WIB

JAKARTA, iNews.id – Kejahatan seksual anak melalui media sosial/medsos (child grooming) semakin memprihatinkan. Pelaku bahkan dapat leluasa beraksi dari balik penjara. Fakta ini dibongkar Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri. Pelaku, TR, merupakan narapidana asal Pamekasan, Madura yang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Surabaya.
Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan, TR sebelumnya didakwa dengan kasus pelecehan seksual terhadap anak. Dia dihukum 7 tahun 6 bulan penjara. Saat ini baru menjalani hukuman selama 2 tahun. "Ironisnya, yang bersangkutan bukan menyadarkan diri, tapi sebaliknya. Dia melakukan eksploitasi kekerasan seksual anak melalui dunia maya,”
Asep menuturkan, dari kasus ini perlu dipertanyakan bagaimana dalam lapas handphone dapat leluasa digunakan oleh narapidana. Keleluasaan itulah yang memicu terjadinya tindak pidana, termasuk kejahatan seksual tidak secara langsung atau grooming.
Dalam kasus TR, Asep menyebut polisi telah mendapatkan 1.300 foto dan video dari handphone serta laptop pelaku. Sekitar 50 orang anak dengan usia rata-rata 9-14 tahun menjadi korban."Modusnya, social engineering melalui IG (Instagram). Dia mencari profil guru sekolah dan guru tersebut menjadi follower-nya," kata Asep.
TR selanjutnya menggunakan akun palsu dan meminta para korbannya untuk mengirim foto tak senonoh. Untuk memuluskan aksinya, TR mengancam anak-anak tersebut yakni akan memberikan nilai sekolah yang jelek."Jadi anak-anak tersiasati seolah dia adalah gurunya di sekolah. Anak-anak itu ketakutan itu dia akhirnya mengirim foto," kata Asep. Dia pun mengimbau kepada para orangtua untuk selalu waspada.



          Hasil Diskusi
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………......................................................................................................................................................
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal Sumatif IPS 9 Semester Genap

  PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN     : Ilmu Pengetahuan Sosial KELAS/SEMESTER    : IX / G enap WAKTU                      : 9 0 ...